Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa


Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Agar terus dapat melakukan aktivitas di bulan Ramadhan ini, kesehatan tentu harus terus kita jaga. berikut ini ada beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Pengertian puasa secara bahasa adalah menahan makan dan minum dan segala yang membatalkannya dari mulai terbitnya matahari sampai tenggelamnya matahari, serta menjaga hati, pikiran, dan perbuatan dari segala kemaksiatan. Nah, berdasarkan pengertian tersebut maka anda harus selalu menjaga diri dari perbuatan maksiat dan harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dan bugar saat berpuasa. Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa tips agar tetap sehat saat berpuasa. Berikut adalah tips-tips sehat saat berpuasa.

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

1. Jangan makan terlalu banyak saat sahur
Sebelum berpuasa umat islam dianjurkan untuk makan sahur sebelum imsak sebagai bekal berpuasa pada pagi hari sampai maghrib. Jika anda ingin puasa anda tetap lancar dan tidak lemas, saat sahur konsumsilah makanan-makanan yang mengandung gizi dan vitamin, karbohidrat, protein, dan mineral. Contohnya adalah makanan yang berserat seperti sayur-sayuran, buah-buahan. Makanan yang berserat mampu menahan lapar lebih lama karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan berserat. Selain itu makanlah nasi (karbohidrat) namun dalam porsi yang sedang saja, jangan sampai terlalu kenyang.
2. Minum yang cukup
Kebutuhan tubuh akan air adalah 2 liter air dalam satu hari. Itu artinya anda setidaknya harus minum air  putih sebanyak 2 liter dalam sehari agar tubuh tidak dehidrasi. Jika tubuh kekurangan air (dehidrasi) maka tubuh akan menjadi lemas dan aliran oksigen ke tubuh tidak lancar. Begitu juga sebaliknya jika kebutuhan cairan tubuh tercukupi maka anda akan tetap bugar saat berpuasa dan tidak mengganggu aktivitas anda.
3. Jangan langsung tidur setelah sahur
Setelah sahur mungkin anda masih merasakan kantuk yang sangat, dan biasanya orang akan langsung tidur setelah sahur. Sebaiknya jangan langsung tidur setalah sahur, karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan yang anda konsumsi. Sebaiknya anda mengaji terlebih dahulu, dan kemudian melaksanakan salat subuh (berjamaah lebih utama).
4. Hindari penggunaan tenaga secara berlebihan
Saat berpuasa tubuh kita mengkonsumsi makanan lebih sedikit dibandingkan saat tidak berpuasa. Itu artinya tenaga yang kita punyai saat puasa lebih sedikit dari orang yang tidak berpuasa. Untuk itu hindarilah aktivitas yang nmenguras tenaga untuk menjaga tenaga anda cukup sampai berbuka. Lakukanlah aktivitas yang ringan-ringan saja, misalnya jalan-jalan di sore hari.
5. Tidur di awal siang
Mengapa saat berpuasa kita sering merasa kantuk? Karena kalori dalam tubuh berkurang saat berpuasa sehingga tubuh menjadi lemas dan lebih mudah mengantuk. Tetapi tidur siang saat berpuasa selain sunah juga mempunyai manfaat bagi anda. Dengan tidur di awal siang (setelah zuhur) selama 1-2 jam akan mampu mengumpulkan tenaga/energi dalam tubuh. Namun jangan sampai anda tidur secara berlebihan karena justru akan membuat tubuh semakin lemas dan tidak bertenaga.
6. Konsumsilah makanan yang hangat dan manis saat berbuka
Saat berbuka puasa adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang berpuasa. Namun yang harus diperhatikan adalah sebaiknya anda meminum minuman hangat dan manis, misalnya teh hangat manis dan beberapa biji kurma. Minuman yang hangat sangat baik bagi lambung anda, karena mampu menetralisir asama lambung setelah seharian berpuasa. Sedangkan makanan yang manis mampu menghasilkan energi/tenaga bagi tubuh anda. Hindarilah minuman dingin saat berbuka meskipun anda sangat haus karena minuman dingin justru meningkatkan asam lambung yang dapat memicu penyakit maag. Minuman dingin sebaiknya dikonsumsi beberapa saat setelah berbuka.
7. Jangan langsung makan besar saat berbuka puasa
Yang dimaksud makanan besar di sini adalah nasi (karbohidrat). Saat berbuka puasa anda sebaiknya jangan langsung makan besar, karena lambung memerlukan waktu dan ruang kosong untuk mencerna makanan. Makan besar sebaiknya dilakukan setelah salat tarawih.
Untuk menjalani puasa dengan lancar dan khidmat diperlukan kondisi tubuh yang sehat dan prima, dan untuk menjaga kesehatan tubuh, anda bisa menerapkan tips-tips di atas. Insyaallah puasa anda akan lancar dan tubuh anda tetap sehat.  Untuk menjaga kesehatan tubuh dan pencernaan ketika berpuasa kami memiliki solusi herbal terbaik untuk dikonsumsi saat berpuasa :
green fiber

green fiber

Herbal terbaik untuk menghadapi aktifitas kita dibulan ramadhan kami rekomendasikan yang terbaik untuk kesehatan pencernaan yaitu Green Fiber yang berguna mendetoks dan membersihkan racun – racun didalam usus yang pastinya karena pola makan yang tidak baik , pola makan yang mengedepankan nafsu ingin makan yang luar biasa pas saat buka puasa ataupun pas pada saat saur tiba. Produk detoks alami terbaik untuk menemani puasa Anda yaitu Herbal alami Green Fiber .

manfaat fiber

manfaat fiber

Tentang Green Fiber baca aja di sini!!!

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

Cara konsumsi green fiber pada saat bulan puasa yaitu :

  • Diminum 1 saset diseduh dengan air hangat kukuh pada saat Saur , dapat juga diminum saat buka puasa atau 2 jam setelah makan buka puasa .

Semoga bermanfaat dan bisa memberikan yang terbaik dibulan puasa . Herbal kesehatan untuk pencernaan dan lambung Anda yang bermasalah. Obat alami untuk masalah lambung Anda dan mendetoks pencernaan Anda agar selalu bersih dari makanan yang tidak berfungsi dan tidak dicerna olah lambung Anda . Jual Herbal alami terbaik untuk lambung dan pencernaan yang aman dan tentunya memberikan Anda kesehatan. Green Fiber sebagai solusi untuk pencernaan Anda yang bermasalah .

green fiber

green fiber

Banyak yang ingin harga lebih murah, karena itu ada sebenernya periode tertentu yang murah.

  • Paket Bronze 1 box Green Fiber Senilai Rp 350.000,-
  • Paket Silver 3 box Green Fiber senilai Rp 350rb x 3 = Rp 1.050.000,-
  • Paket Gold 7 box Green Fiber senilai Rp 350rb x 7 = Rp 2.450.000,-
  • Paket Platinum 16 box Green Fiber senilai Rp 350rb x 16 = Rp 5.600.000,-
  • 1 Staterkit membership / reseller senilai Rp. 50.000,-

Mendapatkan peluang bisnis income per botol nya. segera menjadi member altram dr dental care liquid di alamat stockist dr. dental tangerang dekat alamat rumah sakit mayapada modern land cikokol tangerang.

Untuk Anda yang di daerah Tangerang dan sekitarnya kami stokis / member green fiber altram tangerang menyediakan herbal pilihan dan Anda bisa datang langsung ke outlet kami.

Selain Green fiber kami juga distributor / member produk mlm lain nya yaitu :


Langsung hubungin CS kami Via TELPHON / SMS / WA / BBM untuk order dan pemesanan !!!

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Puasa

You may also like...

%d bloggers like this: